Mengenal OOP


OOP (object oriented programming) merupakan suatu konsep dalam pemprograman dimana kita dapat mengembangkan beberapa objek maupung class yang dapat saling berhubungan, tentunya harus didasari suatu sifat yang sama antara objek satu yang dengan objek lainnya dimana contohnya ada pada rumus perhitungan luas lingkaran dengan luas tabung dimana ada kesamaan sifat yaitu sama memiliki jari-jari sehingga kita dapat mengembangkan rumus luas lingkaran kita terapkan pada rumus luas silinder dengan pemanggilan tertentu sesuai kebutuhan kita , dimana kasus ini yang kita ambil rumus luas jari-jari lingkaran kita pakai untuk rumus luas silinder. 

Ada beberapa bagian dari oop yang mesti anda ketahui , antara lain sebagai berikut 
a. Object
Objek memiliki dua karakteristik yaitu attribute dan bahavior, attribut merupakan identitas sedangkan
behavior merupakan kebiasaan dari object itu sendiri atau di sebut juga method

b. Class
Kelas merupakan cetakan, dimana cetakan tersebut biasa disebut object.

c. Method
Merupakan fungsi dari perintah-perintah prosedural yang ditempatkan pada class

berikut ini merupakan contoh coding java sederhana
public class circle {
    public double radius;
    public String colour,nama;
    
    public circle (){
        radius=3;
        colour="merah";
        nama="ilyas";
    }
    
    public double getArea(){
        return radius*radius*3.14;
    }
    public void getInformasi(){
        System.out.println("circle yahya");
        System.out.println("Radius = "+radius);
        System.out.println("Colour = "+colour);
        System.out.println("nama = "+nama);
    }
    
    public String getColour(){
        return colour;
    }
    public String getNama(){
        return nama;
    }
}

merupakan class demo yang akan dieksekusi

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
public class demoCircle {
    public static void main (String []args){
    
       // BufferedReader bfr = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
        
        circle tampil=new circle();
        
        tampil.colour="kuning";
        System.out.println(tampil.colour);
        tampil.getInformasi();
    }

}




Tidak ada komentar:

Posting Komentar