Tugas Praktek Pengantar TI


TUGAS :


1. Jelaskan fungsi menu History pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk melihat dan menghapusHistory pada web browser!
2.  Jelaskan fungsi Bookmark/Favorite pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk mengelola Bookmark halaman web favorit pada web browser!
3.      Apakah yang dimaksud dengan Add-ons pada web browser Mozilla Firefox? Sebutkan 2 contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security dan jelaskan fungsinya masing-masing!
4.  Apakah yang dimaksud dengann RSS Feeds? Jelaskan fungsinya pada aktifitas browsing Internet! Sebutkan 1 contoh aplikasi RSS reader dan uraikan langkah-langkah contoh penggunaannya!
5.    Jelaskan fasilitas email filtering pada penggunaan email! Uraikan langkah-langkah contoh penggunaan email filtering pada Gmail/Yahoo Mail/web mail lainnya!

JAWAB :

1.      History di browser adalah fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah penelusuran dan penggunaan internet kita, history ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kemana saja browser kita pernah menjelajah, ini jika komputer kita juga dipakai oleh orang lain.
Manfaat lain dari History ini adalah jika kita ingin mencari suatu informasi, dan informasi tersebut berada pada situs yang pernah kita kunjungi. Namun kita lupa alamat dari situs tersebut, dan kita lupa untuk membookmark situs tersebut. Maka kita bisa memanfaatkan fasilitas history ini untuk mencari lagi situs tersebut.
Data history ini bisa kita lihat pada address bar di browser, pada address bar ini history bisa menjadi acuan untuk membuka situs. Kita tinggal mengetikkan huruf awal dari situs yang akan dituju, dan history akan menampilkan beberapa pilihan bergantung dari data yang terdapat pada history. Contoh: jika kita mengetikkan huruf "g" pada address bar, dan history akan menampilkan beberapa situs yang dimulai dengan huruf tersebut.
Adapun cara-cara untuk melihat dan menghapus history pada browser, untuk kesempatan ini saya menggunakan browser google chrome :





2.      Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku atau pita yang terdapat dalam Alkitab. Dengan bookmark Anda bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu Anda bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut. Untuk memasang bookmark pada bagian yang sedang Anda baca, Anda tinggal klik kanan untuk membuka menu popup dan memilih menu "Bookmark", atau lebih cepat lagi, cukup dengan menekan kunci Z pada keyboard. Maka akan terbuka kotak dialog "Pengaturan Bookmark". Tekan tombol "Tambah Bookmark" untuk menyimpan bookmark Anda. Lain kali jika Anda membutuhkannya, cukup tekan kunci F5 atau icon kelima dari kiri pada toolbar. Pilih bookmark yang Anda cari dan tekan "Menuju Ke Bookmark". 

Adapun cara menggunakan bookmark untuk kesempatan ini saya menggunakan browser Google chrome





3.  Add-on –atau dalam bahasa Indonesia disebut pengaya– pada Firefox adalah sebuah aplikasi yang dapat              diinstal pada Firefox untuk meningkatkan fitur dan fungsi browser Firefox. Dengan add-on, user bisa mengkustomasi dan memperkaya fungsi Firefox sehingga user bisa dengan mudah memilih mana aplikasi yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Add-on memang sangat dibutuhkan, mengingat setiap user memiliki kepentingan yang berbeda-beda terhadap penggunaan browser. Disini ada beberapa addons yang digunakan untuk melindungi privacy anda dan beberapa security untuk brows Mozilla Firefox  :


a.       PhishTank SiteChecker.
Berguna untuk memblokir semua situs Phising berdasarkan data dari komunitas PhishTank. Ketika anda mengunjungi situs yang dianggap situs Phising oleh PhishTank, maka halaman tersebut tidak akan terbuka/halaman di blocking.

Berguna untuk memperingatkan anda ketika anda mengunjungi situs yang dianggap situs Phising atau yang terdapat script atau kode yang mencurigakan.

4.         RSS (Really Simple Syndication) adalah istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara men-sindikasi-kan konten sebuah situs web (web syndication). Layanan ini memudahkan pengguna Internet agar selalu dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut. Selain itu, RSS yang disediakan sebuah situs dapat digunakan untuk melengkapi konten situs lain.
Layanan RSS disalurkan melalui sebuah file berformat XML yang dapat dibaca oleh publik dengan menggunakan program pembaca RSS yang disebut dengan news aggregator atau feed reader. Beragam program ini dapat di-download secara gratis dari Internet. Program yang diinstal pada PC secara otomatis akan memeriksa file XML yang disediakan situs tertentu secara berkala. Jika informasi terbaru ditemukan, program akan menampilkan judul dan ringkasannya pada PC pengguna, lengkap dengan link yang dapat di-klik untuk membuka halaman web-nya.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.Contoh :
Untuk kali ini saya menggunakan RSS  RSSOwl
langkah-langkah :
1. download dan install RSSOwl
2. jalankan program RSSOwl (bila ada intro, di skip/cancel saja)
3. buat menambah alamat baru, klik tombol new yang ada di bagian kiri atas
5. silahkan disetting sesuka hati anda

5.    fitur email filtering agar memudahkan penggunanya mengelola akun email mereka. Fungsi filter ini berfungsi untuk menyaring email yang masuk. Tujuannya adalah email-email yang masuk itu agar diketahui dari siapa datangnya email tersebut. 





Sekian tugas praktek pengantar TI saya bila ada kekurangan harap maklum






Tidak ada komentar:

Posting Komentar